SELEKSI DOKUMEN CCIP 2017-2018


Illustration of Writing an Application
Photo credit to ThoghtCo.

"Preparation is the mother of Victory"

Jujur, saya setuju banget sama quote di atas, yang artinya bahwa "Persiapan yang matang adalah kunci Kemenangan". Bagaimana tidak, hampir hal-hal indah yang pernah saya rasakan sampai saat ini berawal dari persiapan yang matang. Jadi kalau ada yang tanya "Kok bisa sih mas dapet beasiswa ini?" sontak aja saya menjawab: "Saya sudah mempersiapkan beasiswa ini setahun yang lalu". Ya begitulah teman-teman, saya sudah mempersiapkan beasiswa ini sejak awal tahun 2016 dan you know what? Pembukaan beasiswa ini pada bulan Oktober 2016. Persiapan kok lama? emang ngapain aja? well saya baca keseluruhan isi aplikasi dan mulai menyicil dari satu per satu seperti Tes TOEFL, mencoba menulis essays dengan merujuk pada saran-saran para alumni.

Ok, back to our topic, gimana sih caranya agar bisa lolos tahapan ini?
Well, kalau meloloskan sih tidak menjamin ya teman-teman, tapi insya Allah saya akan menjelaskan secara detail (harapannya sih) tentang bagaimana cara mengisi aplikasi CCI dan semoga bisa membantu.
Gua cantumkan file Pdf aplikasi CCIP 2017-2018 agar teman-teman semua punya pandangan: Aplikasi CCIP 2017-2018

PAGE 1-3
        Pada bagian ini, teman-teman akan dijelaskan secara detail tentang beasiswa ini, mulai dari: Maksud dan Tujuan, Jurusan yang Ditawarkan, Syarat dan Kriteria, Instruksi Pengisian Aplikasi, Biaya yang Ditanggung, Tahapan Seleksi, Dokumen-dokumen yang Dibutuhkan, Alamat Pengiriman Dokumen (AMINEF) serta Deadline Pengiriman Dokumen.
Tidak ada yang perlu kita isi!

PAGE 4-8
        Mulai bagian ini teman-teman harus siap mengetik atau mengisi secara manual, lebih baik yang mana? kalau saya karena sadar tulisan jelek ya lebih baik mengetik hehe. Ok, pada bagian ini, ada beberapa kolom yang harus diisi di antaranya: Informasi Pribadi, Jurusan beserta Program Studi (maksimal 3), Bahasa yang Dikuasi, *Hasil Tes TOEFL, Pendidikan Formal yang pernah Diraih, Pengalaman Bekerja, Pengalaman Voluntir dan Organisasi, Pengalaman ke Luar Negeri, Info Rekan/Keluarga jikalau terjadi apa-apa sama aplikan, Info Keluarga yang sedang mendapatkan sponsor untuk kuliah di US dan Info soal keluarga yang sedang mendaftar program yang dibiayai oleh US Depart. of State.
        *Urgent: Untuk TOEFL Test lebih baik disiapkan jauh-jauh bulan (kalo hari kecepetan:) karena tes ini tidak instan dan lebih baik lagi langsung ambil yang ITP biar kalau masuk wawancara tidak dites TOEFL ulang. Minimal 450 ya guys! Insya Allah pasti bisa untuk skor segitu.

PAGE 9-13
        Pada bagian ini temen-temen harus mulai serius karena yang harus diisi adalah Essays yang mana point ini  adalah point yang paling menentukan teman-teman untuk lolos wawancara, perlu diingat bahwa pada point ini temen-temen harus jujur dan atas karya sendiri karena akan kita pertanggungjawabkan nanti pada saat tes wawancara. Perlu waktu lama untuk menulis ini karena selain pertanyaannya yang lumayan susah, kata-kata yang digunakan harus efektif dan efisien serta menggunakan grammar atau tata aturan kata yang baik. Ada tujuh pertanyaan dalam essay ini dan saya sarankan jujur apa adanya saja. Setelah teman-teman isi silahkan cek kembali dan minta kepada siapa saja yang teman-teman anggap jago dalam bahasa inggris dan dalam ilmu essay (ada nggak ya kuliah jurusan ini:)
        Saya sudah mulai mencoba mengisi essay ini sejak mengincar beasiswa ini, yaitu sekitar bulan Januari 2016 atau setahun kurang sedikit sebelum saya mengisi beneran dan submit. Saya mulai kepo soal tips, cara, bagaimana dan embel-embel yang berkaitan dengan menulis essay yang baik, mungkin Mbah Google waktu itu udah muak dengan kata kunci yang sering saya pakai, hehe. Saya juga sudah berkali-kali berkunjung ke blog para alumni CCIP tahun-tahun sebelumnya dan mendapatkan banyak masukan dari sana.
        Santai guys, untuk satu per satu essay akan tetap saya tulis khusus untuk edisi Essay dan selamat berkepo-kepo di blog saya dan semoga bermanfaat.

Lastly, kalau ada pertanyaan yang berkaitan dengan penulisan aplikasi atau berkaitan dengan beasiswa CCIP, silahkan tinggalkan komentar di bawah atau hubungi sosmed salah satu dari penulis di bawah ini:

Wassalamu'alaikum Salam,

1 comments:

 

Blogger news

About